ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DAN DAMPAK EKONOMI UNTUK OPTIMALISASI PENGENAAN ROYALTI NIKEL PADA PROYEK INDONESIA GROWTH PROGRAM PT ABC INDONESIA Tbk

Penulis

  • Sutarmin Sutarmin DJKN
  • Fitriyati Anisah DJKN
  • Masfa'atul Ma'rifah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
  • Chandra Fajar Ambari DJKN

Kata Kunci:

nikel, input output, kelayakan bisnis, PNBP, royalti, internal rate of return, payback period, net present value

Abstrak

Proses transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT) salah satunya dalam bentuk peralihan penggunaan kendaraan listrik. Nikel yang menjadi komponen utama dalam baterai, membuat permintaan terus meningkat. Potensi ini disikapi dengan kebijakan hilirisasi nikel oleh Pemerintah Indonesia. Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sumber Daya Alam dalam beberapa tahun ini yang salah satu komponennya adalah PNBP dari nikel, menarik untuk diketahui sejauh mana perusahaan pertambangan nikel dapat menjalankan keberlangsungan bisnisnya dengan sebuah kajian analisis kelayakan bisnis tambang nikel. Disamping itu diperlukan analisis dampak ekonomi yang ditimbulkan dari pertambangan nikel pada Masyarakat. Kajian ini dapat memberikan dukungan optimalisasi PNBP, khususnya pada PT ABC Indonesia Tbk atas pungutan dari royalti nikel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, I.M. 2020. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Badan Kebijakan Fiskal. 2014. Kajian Review Tarif Royalti Ijin Usaha Pertambangan (IUP) Batubara. Tidak dipublikasi.

Direktorat Penilaian. 2021. Laporan Konsolidasi. Penilaian Sumber Daya Alam Berupa Mineral Nikel Pada Cadangan Nasional. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Halim, Abdul. 2009. Analisis Kelayakan Bisnis: Kajian dari Aspek Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herlianto, Didit & Pujiastuti, Triani. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

HKEX Company.2023. Independent Review of Events in the Nickel Market in March 2022. Diakses pada tautan https://www.lme.com/-/media/Files/Trading/New-initiatives/Nickel-independent-review/Independent-Review-of-Events-in-the-Nickel-Market-in-March-2022---Final-Report.pdf Tanggal 10 Juli 2023.

Ika, Syahrir. 2017. Kebijakan Hilirisasi Mineral: Reformasi Kebijakan untuk Meningkatkan Penerimaan Negara (Downstreaming Mineral Policy: Policy Reform to Increase State Revenue). Kajian Ekonomi Keuangan Vol. 1 No. 1. http://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal.

Kasmir., Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Meng, J (2022). An Overview of World Nickel Resources. Diakses pada 30 Juni 2023, dari https://stainless-steel-world.net/an-overview-of-world-nickel-resources/.

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam dan Batubara

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan.

Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2022 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Pistilli, M (2023). Top 9 Nickel-producing Countries (Updated 2023). Diakses pada 30 Juni 2023, dari https://investingnews.com/daily/resourc e-investing/base-metals-investing/nickel-inve sting/top-nickel-producing-countries/.

Tim Teknis Asset-Liability Committee Kementerian Keuangan, Tim Redaksi Penyusun Publikasi APBN KiTa. 2023. APBN Kita Kinerja&Fakta. Jakarta: Kementerian Keuangan.

Yusuf, Rofiq Khamdani, Supriyanto, Ferdha Hermanto, Aisyah Sri Kusuma Dewi. 2022. Kajian Kelayakan Bisnis Hasil Piloting Penilaian SDA Berupa Nikel. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara: Direktorat Penilaian.

Zaidan, M., Garinas W. 2021. Kajian Bahan Baku Mineral Nikel Untuk Baterai Listrik Di Daerah Sulawesi Tenggara. Jurnal Rekayasa Pertambangan (JRP) Vol.1, No.1, Juni 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-20